Berkuliah di Politeknik Keuangan Negara STAN

        Hello, it's my first blog post setelah sekian lama tidak membuka akun blogku. Pada kesempatan kali ini aku mau sedikit cerita tentang kehidupan di kampusku, yaitu Politeknik Keuangan Negara STAN. Bagi yang belum pernah mendengar tentang kampus ini, Politeknik Keuangan Negara STAN atau yang kerap dikenal dengan PKN STAN merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan dibawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Sejak tahun 2017 pendidikan dipusatkan di Bintaro, Tangerang Selatan. PKN STAN memiliki 4 jurusan diantaranya Pajak, Akuntansi, Manajemen Keuangan, dan Kepabeanan dan Cukai. Seluruh lulusan PKN STAN akan langsung ditempatkan dan mengabdi pada negeri. Oiya, aku sendiri merupakan mahasiswa PKN STAN Program Studi Diploma III Pajak angkatan 2017, yang artinya sekarang pada Oktober 2020 ini sedang menunggu yudisium, wisuda, hingga pengumuman penempatan. Doakan aku ya :) hehe

 (Foto air mancur PKN STAN di pagi hari, biasanya memang kelihatan ada pelanginya gitu)

      Langsung aja, pertama aku akan bercerita tentang kehidupan secara umum di kampus ini. Mahasiswa PKN STAN tidak dikenakan biaya apapun selama perkuliahan, kecuali biaya hidup seperti biaya makan maupun uang kos. Untuk buku pelajaran pun biasanya akan dipinjami dari perpus, dan bagi yang masih haus akan ilmu dapat menambah buku materi dengan membeli di fotokopian sekitar kampus PKN STAN, sangat lengkap. Oiya, perkuliahan di PKN STAN menggunakan sistem paket, maksudnya di setiap semester sudah ditentukan oleh kampus baik mata kuliah yang akan dipelajari maupun jumlah sksnya sehingga mahasiswa hanya perlu mengikuti ketentuan tersebut dan belajar dengan baik. Bisa dibilang sistemnya mirip seperti saat kita di bangku sekolah. Begitu juga dengan teman sekelasnya, pembagian kelas biasanya diberitahukan setahun sekali, yang artinya selama satu tahun tersebut kita akan berada di kelas dengan teman-teman yang sama, biasanya maks ada 40 orang dalam satu kelas. Hanya saja kita akan berpindah dari satu ruang ke ruang lainnya ketika pergantian mata kuliah. Untuk fasilitas kelas maupun fasilitas kampus bagiku sudah cukup lengkap, dan tentunya membuat nyaman untuk belajar. Dan bagi yang bosan dengan hanya belajar, bisa melakukan aktivitas lain seperti mengikuti elemen kampus dan UKM yang beragam jenisnya seperti seni, olahraga, bahkan yang menunjang mata kuliah, hingga mengikuti kegiatan kepanitiaan (karena biasanya di PKN STAN ada banyak acara). Jadi dijamin tidak akan gabut, kecuali bagi yang memang mau menggabutkan-diri hehe. 

          Lebih dalam tentang pembelajaran di PKN STAN, kelas di PKN STAN dimulai dari pukul 07.30 pagi dan kelas terakhir berakhir di malam hari. Eh, maksudnya tidak selama itu ya. Jadi tergantung kita mendapat jadwal kelas jam berapa di hari tersebut dan bisa 2 atau 3 sks dengan waktu 50 menit untuk setiap sksnya. Kalau tidak salah, kelas malam tersebut ada mulai angkatan 2017 karena jumlah mahasiswa yang cukup banyak. Padat atau tidaknya kuliah kita tergantung dengan jumah sks seluruh mata kuliah padat semester tersebut. Biasanya untuk DI akan lebih padat dibanding DIII. Ketika ada pada semester yang padat, kelas bisa setiap hari hingga sabtu atau bahkan kelas malam. Sedangkan saat longgar, bisa merasakan libur 3 hari dalam seminggu (dan aku pernah merasakan hal itu haha). Biasanya jadwal akan keluar di awal setiap semester dan akan tetap hingga akhir semester kecuali jika terdapat tanggal merah atau halangan lainnya yang menyebabkan kelas harus diganti ke hari lain. 

        Selanjutnya, aku akan membahas lingkungan kos di PKN STAN. Oiya, hingga saat ini yaitu tahun 2020 ini belum disediakan asrama kampus dan kebanyakan mahasiswa tinggal di lingkungan kos sekitar kampus (kecuali saat PJJ karena Covid-19 seperti saat ini, hampir seluruh mahasiswa sudah pulang ke rumah). Nah, kos yang tersedia di lingkungan kampus itu sangatlah banyak dari belakang hingga sebrang kampus PKN STAN. Daerah-daerah kos tersebut diantaranya bernama Sarmili, Kalimangso, PJMI, Pondok Jaya, Perkici, dsb. Harga dan jenis kostnya juga beraneka ragam, jadi kita bisa menyesuaikan budged yang kita miliki dengan kriteria kos yang kita tinggali. Karena jarak kos banyak yang tidak begitu jauh dari kampus, banyak mahasiswa yang berjalan kaki untuk datang ke kampus. Selain sehat, asik juga karena biasanya bisa berbarengan dengan teman-teman yang kosnya dekat dengan kita.

        Berbicara tentang teman, di kampus PKN STAN kita akan menemui beragam jenis teman. Hal ini dikarenakan mahasiswa PKN STAN berasal dari Sabang hingga Marauke yang artinya mahasiswa PKN STAN berasal dari berbagai daerah. Bagaimana rasanya berteman dengan mereka? Tentu saja asik sekalii, kita bisa mengenal berbagai kebudayaan di luar daerah kita sendiri. Kita bisa belajar untuk saling bertoleransi. Tidak hanya itu, rasa kekeluargaan di lingkungan PKN STAN sangatlah erat. Begitu juga dengan sikap saling membantu, baik dalam hal akademik maupun non-akademik. Sehingga tidak perlu khawatir ketika kita berkuliah dan sedang jauh dengan keluarga yang ada di rumah. InsyaAllah semuanya aman, lancar jaya hehe. 

      Jadi apakah masih ada keraguan untuk berkuliah di PKN STAN? Tentu saja tidakk, aww senang sekali menjadi mahasiswi disini :)) Oiya, sepertinya cukup sampai sini dulu ya ceritaku kali ini, thanks for reading and see you in the next blog!!! 



Comments

  1. Alasan Kenapa Kamu Harus Bermain Judi Di Museumbola
    * Permainan Lengkap dari A sampai Z
    * Opsi Deposit Banyak Seperti Bank, E-Cash , PULSA
    * Semua Rekening Bank termasuk Bank Daerah Bisa Di Daftarkan
    * Bonus Banyak
    * Deposit 2 Menit
    * Withdraw 5 Menit Paling Lama
    * Cs Professional 24 Jam Online


    DAFTAR MUSEUMBOLA

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts